Resep Ayam goreng ala Suharti

resep ayam goreng ala-ala suharti

iseng over the weekend bikin resep ayam goreng ala suharti, yang gurih and empuk itu bikin anak-anak ama suami ketagihan ๐Ÿ™‚

ga susah kok sebenernya, cuman kudu sabar ajah masaknya hehehe

Bahan Ayam Goreng :

  1. 2 ekor ayam kampung atau pejantan (saya ayam utuh dipotong bakakak, tapi kalo mau dipotong monggo tapi jgn terlalu kecil potongannya.. idealnya 1 ekor dipotong 4 saja)
  2. air kelapa dari 3 butir kelapa (boleh air kelapa muda kalo susah nyarinya)
  3. 8 siung bawang putih
  4. 12 siung bawang merah
  5. 8 butir kemiri
  6. 8 lembar daun salam
  7. 1 ย sdt ketumbar
  8. 1 sereh
  9. garam & merica secukupnya
  10. minyak untuk menumis

Bahan keremes ayam :

  1. 100 gr tepung sagu
  2. 2 sdm tepung beras
  3. 350 ml bekas air rebusan
  4. santan kental 1 sdm
  5. 1.5 sdt baking powder
  6. 1 kuning telur
  7. garam secukupnya

Caranya memasak ayam goreng :

  1. Siapkan panci presto, masukan air kelapa
  2. haluskan bwg putih, bwg merah, kemiri dan ketumbar tumis sampai harum, masukan ke dalam air kelapa beserta salam dan sereh
  3. beri garam secukupnya, presto sekitar 1 jam
  4. angkat ayam dan tiriskan, lalu goreng dengan minyak panas sampai terendam dan coklat kekuningan, angkat dan tiriskan

cara memasak kremes ayam :

  1. campurkan tepung sagu, tepung beras, baking powder dan kuning telur, campur dengan santan kental dan air bekas rebusan ayam (ingat air rebusan harus sudah dingin jgn pas panas yah, nanti kremesnya lengket doang jadinya kalo pake air panas hehehe)
  2. adonan akan menjadi sangat cair, panaskan minyak bekas menggoreng ayam tadi sampai benar benar panas lalu gunakan tangan untuk menumpahkan adonan ke dalam minyak panas, diamkan sebentar sampai buih minyak berkurang lalu balik lalu angkat.. cukup goreng sampai coklat kekuningan saja yah… lalu tiriskan
  3. kremes ini bisa disimpan selama 3 hari dalam toples… soalnya anak anak demen banget ama kremes ayam jadi suka bikin lebih hehehe

happy cooking!!!

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Resep Nasi Tutug Oncom

Resep Nasi Tutug Oncom

resep nasi tutug oncom

ini resep nasi tutug oncom dari mamah mertua, cukup simpel tapi sedeeeep

Bahan :

  1. 2 piring nasi putih hangat
  2. oncom hitam 5 sendok
  3. bawang putih 5 siung, kupas dan bakar
  4. bawang putih 3 siung, kupas dan bakar
  5. cabe rawit 3 butir atau sesuai selera
  6. terasi 1/2 ruas jari, bakar
  7. kencur 1 ruas jari, kupas dan bakar
  8. garam dan penyedap secukupnya

Caranya :

  1. bakar terasi, bawang merah & putih dan kencur, uleg sampai halus ย dengan cabe rawit
  2. sangrai oncom sampai matang lalu uleg dengan bumbu halus tadi
  3. aduk bumbu dengan nasi hangat, beri garam secukupnya dan penyedap bila suka
  4. and its ready ๐Ÿ™‚
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Resep Kue Marmer Lembut

Resep Kue Marmer Lembut

Bahan :

  1. 200 gr blueband +50 gr butter
  2. 220 gr terigu (prefer pakai tepung kunci biru yah)+30 gr maizena
  3. 250 gr gula halus
  4. 250 gr telur (sekitar 5 butir telur sedang) pisahkan kuning dan putih nya, kocok putih telur sampai kaku
  5. 2 sdm coklat bubuk

Caranya :

  1. first thing kocok putih telur sampai kaku
  2. di wadah terpisah kocok margarin + butter + gula sampai pucat dan mengembang
  3. Masukan kuning telur satu persatu. Kocok sampai rata.
  4. Masukan terigu dan maizena yang sdh diayak. Aduk rata dg spatula.
  5. langkah terakhir, Masukan kocokan putih telur aduk rata dengan adonan tepung telur tadi
  6. Ambil setengah adonan beri coklat bubuk..lalu aduk rata
  7. masukan ke dalam loyang yg sudah dioles mentega dan taburi tepung, tuang adonan putih dan coklat bergantian lalu gunakan sumpit untuk mengaduk dan bentuk seperti pola marmer
  8. panggang dengan suhu 200C selama 35 menit atau sampai matang dengan cara ditusuk dengan tusuk gigi, apabila sudah tidak lengket matikan oven dan angkat

 

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Resep Rawon Sapi

 

Resep Rawon Sapi

penasaran dengan resep rawon sapi? here i share my all time fav resep rawon sapi yg bikin keluarga ketagihan ๐Ÿ™‚

Bahan :

  1. 1 kg daging sapi potong dadu
  2. 2.5 liter air untuk merebus
  3. 2 biji pala geprek
  4. 7 daun salam
  5. 7 daun jeruk
  6. 3 sereh, geprek
  7. 2 ruas jari lengkuas, geprek
  8. 3 batang daun bawang
  9. 2 buah kapulaga
  10. 1 buah bunga lawang
  11. 4 buah cengkeh
  12. 4 bawang putih kupas, geprek dan cincang kasar

bahan yang dihaluskan :

  1. 8 bawang putih
  2. 12 bawang merah
  3. 8 keluwek
  4. 2 ruas jari jahe
  5. 1 ruas jari kunyit
  6. 8 butir kemiri
  7. 1 sdt ketumbar
  8. 1 sdt merica

bahan pelengkap :

  1. telur asin
  2. emping

CARANYA :

  1. rebus daging bersama biji pala yg digeprek, bwg putih cincang, cengkeh, kapulaga dan bunga lawang dengan panci presto selama 1 jam sampai empuk.. beri garam secukupnya
  2. uleg bwg putih, bwg merah, jahe, kunyit, kemiri, keluwek, ketumbar dan merica sampai halus lalu tumis dengan minyak secukupnya lalu masukan daun salam, daun jeruk, sereh dan lengkuas.
  3. campurkan bumbu halus yg sudah ditumis lalu masukan ke dalam rebusan daging lalu tambahkan daun bawang yg dipotong besar lalu rebus kembali sekitar 30-45 menit.
  4. beri garam dan penyedap secukupnya lalu siap disajikan dengan emping dan telur asin
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Resep Balado Jengkol

RESEP BALADO JENGKOL

Balado jengkol simple

Balado Jengkol is one of the best balado evah… which suami gue demen banget sampe nambah nambah.

without any further a do… here is the most simple resep balado jengkol yah

Bahan :

  1. Jengkol atau sepi 1/2 kg (kupas dan belah dan potong dua)
  2. minyak goreng secukupnya
  3. Cabe Merah 20 buah
  4. bawang merah 10 butir
  5. 1/2 lemon atau jeruk nipis, peras
  6. gara secukupnya

Caranya :

  1. bersihkan jengkol, belah dua lalu potong lalu goreng sampai empuk, angkat lalu tiriskan
  2. uleg cabe dan bawang merah, lalu tumis dengan minya bekas mengoreng jengkol sampai harum… sebaiknya minyak agak banyak untuk menumis, tumis sampai bau langu hilang lalu masukan garam dan perasan air jeruk lemon aduk lalu masukan jengkol goreng tadi dan aduk merata.

there you go resep super simple untuk jengkol balado.. enjoooy ๐Ÿ™‚

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather